Dalil yang
Melarang
عن أنس، عن النبي صلى الله عليه وسلم؛ أنه نهى أن يشرب الرجل
قائما. قال قتادة: فقلنا: فالأكل؟ فقال: ذاك أشر أو أخبث.
Dari Anas, dari Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam : Bahwasannya beliau melarang seseorang minum
sambil berdiri. Qatadah berkata : “Kami bertanya : ‘Bagaimana dengan makan
(sambil berdiri) ?”. Beliau menjawab : “Hal itu lebih buruk dan menjijikkan”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 2024, At-Tirmidzi no. 1879, Ibnu Maajah no. 3424,
Abu Ya’la no. 3195, Abu ‘Awaanah no. 8186, dan Ath-Thahawiy dalam Syarh
Ma’aanil-Aatsaar 4/272].
عن أبي سعيد الخدري؛ أن النبي صلى الله عليه وسلم زجر عن الشرب
قائما.
Dari Abu Sa’iid
Al-Khudriy : “Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mencela minum
sambil berdiri” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2025, Ahmad 3/32 & 54, Abu
Ya’la no. 988 & 1321, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/272 &
Syarh Musykilil-Aatsaar no. 2098, Al-Baihaqiy 7/282, dan Al-Baghawiy dalam
Syarhus-Sunnah no. 3045].
عن الجارود بن المعلى : أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن
الشرب قائما
Dari Al-Jaarud bin
Ma’laa : “Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang minum sambil
berdiri” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 1881, Ath-Thahawiy dalam Syarh
Ma’aanil-Aatsaar 4/272 & Syarh Musykilil-Aatsaar 5/342-343, Ibnu Qaani’
dalam Mu’jamush-Shahaabah 1/154, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir 2/299-300, Ibnu
Syaahiin dalam An-Naasikh wal-Mansukh hal. 429 no. 567, dan Abu Nu’aim dalam
Ma’rifatush-Shahaabah no. 1646; dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan
At-Tirmidzi 2/331-332].
عن أبي هريرة يقول : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (لا
يشربن أحد منكم قائما. فمن نسي فليستقي).
Dari Abu Hurairah ia
berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Janganlah
salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Barangsiapa yang lupa,
hendaklah ia muntahkan” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2026 dan Al-Baihaqiy
7/282].
Dalil yang
Membolehkan
عن النَّزَّال قال : أتي علي رضي الله عنه على باب الرَّحبة
بماء فشرب قائماً، فقال: إن ناساً يكره أحدهم أن يشرب وهو قائم، وإني رأيت النبي
صلى الله عليه وسلم فعل كما رأيتموني فعلت
Dari An-Nazzaal ia
berkata : ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu membawa air ke pintu masjid kemudian
meminumnya sambil berdiri. Kemudian ia bekata : “Sebagian orang tidak suka minum
sambil berdiri, padahal aku melihat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
melakukannya sebagaimana engkau melihatku melakukannya barusan” [Diriwayatkan
oleh Al-Bukhari no. 5615-5616, Ath-Thayalisi no. 141, Abu ‘Ubaid dalam
Ath-Thahuur hal. 131 no. 39, Ahmad 1/78 & 101 & 102, ‘Abdullah bin Ahmad
bin Hanbal dalam Zawaaidul-Musnad 1/109 no. 1366 & 1372, Abu Dawud no. 3718,
At-Tirmidziy dalam Asy-Syamaail no. 200, An-Nasa’iy no. 130, Ibnu Khuzaimah no.
16 & 202, dan Ibnu Hibbaan no. 1057].
عن ابن عباس قال : شرب النبي صلى الله عليه وسلم قائماً من
زمزم.
Dari Ibnu ‘Abbas ia
bekata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah minum air zamzam sambil
berdiri” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 1637 & 5617, Muslim no. 2027,
Al-Humaidiy no. 481, Ibnu Abi Syaibah no. 24460, Ahmad 1/214 & 220 &
243, At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’ no. 1882 dan Asy-Syamaail no. 197 & 199,
Ibnu Maajah no. 3422, An-Nasa’iy no. 2964-2965, Ibnu Khuzaimah no. 2945, serta
Ibnu Hibban no. 3838 & 5319].
عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده قال : رأيت رسول الله صلى الله
عليه وسلم يصوم في السفر ويفطر ورأيته يشرب قائما وقاعدا ورأيته يصلي حافيا ومنتعلا
ورأيته ينصرف عن يمينه وعن يساره
Dari ‘Amr bin
Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata : “Aku pernah melihat
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dan berbuka ketika safar,
minum sambil berdiri dan duduk, shalat dengan telanjang kaki dan memakai sandal,
serta berpaling dari arah kanan dan kirinya (setelah selesai shalat)”
[Diriwayatkan oleh Ahmad 2/206, Ibnu Sa’d dalam Ath-Thabaqaat 1/480,
At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’ no. 1883 dan Asy-Syamaail no. 198, Al-Firyaaniy
dalam Ash-Shiyaam no. 119, Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 5/181, serta Ibnu Syaahiin
dalam An-Naasikh wal-Mansukh no. 570; dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih
Sunan At-Tirmidziy 2/332-333 dan Ahmad Syaakir dalam Syarh ‘alal-Musnad
6/399].
عن بن عمر قال : كنا نأكل على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم
ونحن نمشي ونشرب ونحن قيام
Dari Ibnu ‘Umar ia
berkata : “Kami pernah makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no.
1880, Ibnu Maajah no. 3301, Ibnu Hibbaan no. 5322 & 5325, Al-Khathiib dalam
At-Taariikh 8/195, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/273, dan Ibnu
Syaahiin dalam An-Naaiikh wal-Mansukh no. 573; dishahihkan oleh Al-Albani dalam
Shahih Sunan At-Tirmidziy 2/331 dan Al-Arna’uth dalam Takhrij ‘ala Shahih Ibni
Hibban 12/141].
عن كبشة قالت : دخل علي رسول الله صلى الله عليه وسلم فشرب من
في قربة معلقة قائما فقمت إلى فيها فقطعته
Dari Kabsyah ia
berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumahku, kemudian
beliau minum dari mulut bejana (dari kulit) yang tergantung sambil berdiri.
Lantas aku berdiri ke bejana tersebut dan memotong talinya” [Diriwayatkan oleh
At-Tirmidzi dalam Al-Jaami’ no. 1892 dan Asy-Syamaail no. 203, Al-Humaidiy no.
354, Ahmad 6/434, Ibnu Abi ‘Aashim dalam Al-Aahaadu wal-Matsaaniy no. 3365, Ibnu
Hibbaan no. 5318, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir 10/25 dan Musnad
Asy-Syaamiyyiin no. 639, serta Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iman no. 5624 dan
Ma’rifatus-Sunan wal-Aatsaar 10/266; dishahihkan oleh Al-Albaniy dalam Shahih
Sunan At-Tirmidziy 2/335 dan Al-Arna’uth dalam Takhrij ‘alaa Shahih Ibni Hibban
12/138-139].
عن عائشة : ان النبي صلى الله عليه وسلم دخل على امرأة من
الأنصار وفي البيت قربة معلقة فاختنثها وشرب وهو قائم
Dari ‘Aisyah :
Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk ke rumah seorang
wanita Anshar yang di dalamnya ada bejana (kulit) yang tergantung. Beliau
membelokkan mulut bejana itu dan meminumnya dalam keadaan berdiri” [Diriwayatkan
oleh Ahmad 6/161; dihasankan oleh Al-Arna’uth dalam Takhriij ‘alal-Musnad
42/165-166].
عن عبد الله بن الزبير عن أبيه أنه كان يشرب قائما
Dari ‘Abdullah bin
Az-Zubair : “Bahwasannya ia pernah minum sambil berdiri” [Diriwayatkan oleh
Maalik no. 1845; shahih].
قال عبد الرحمن بن أبي حاتم : وسُئل أبو زرعة عن حديثٍ رواه أبو
نُعَيم والقعنبي وعبد العزيز الأُوَيسي. فروى أبو نعيم والقعنبي عن عبد الله بن عمر
العُمري، عن أبيه عن عبد الرحمن بن رافع عن أنه رأى عمر بن الخطاب يشرب قائما. وروى
عبد العزيز الأُويسي عن عبد الله العُمري عن أبيه عن عبد الرحمن بن رافع أنه رأى
عمر شرن قائما؛ أسقط والد عبد الرحمن ابن رافع ؟ فقال أبو زرعة : هذا خطأ؛ إنما هو
عبد الرحمن بن رافع عن أبيه عن عمر.
Telah berkata
‘Abdurrahman bin Abi Haatim : Abu Zur’ah pernah ditanya mengenai sebuah hadits
yang diriwayatkan oleh Abu Nu’aim , Al-Qa’nabiy dan ‘Abdul-‘Aziiz Al-Uwaisiy.
Abu Nu’aim dan Al-Qa’nabiy meriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Umar Al-‘Umariy,
dari ayahnya, dari ‘Abdurrahman bin Raafi’, dari (….), bahwasannya ia melihat
‘Umar bin Al-Khaththaab minum sambil berdiri. Adapun ‘Abdul-‘Aziiz Al-Uwaisiy
meriwayatkan dari ‘Abdullah Al-‘Umariy, dari ayahnya, dari ‘Abdurrahman bin
Raafi’ bahwasannya melihat ‘Umar minum sambil berdiri. Apakah ayah ‘Abdurrahman
bin Raafi’ gugur (dalam sanad ini) ?. Maka Abu Zur’ah menjawab : “Ini keliru.
Sanad tersebut hanyalah berasal dari ‘Abdurrahman bin Raafi’, dari ayahnya, dari
‘Umar [‘Ilal no. 1589].[1]
Selain dari perbuatan
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, minum sambil berdiri juga dilakukan oleh
beberapa shahabat diantaranya ‘Umar bin Al-Khaththaab, ‘Ali bin Abi Thaalib,
‘Abdullah bin Zubair radliyallaahu ‘anhum.
Pembahasan
Dalam menyikapi
beberapa hadits di atas yang (kelihatan) saling bertentangan, para ulama
terkelompok dalam 3 metode :
1.
Tarjih.
Dalam hal ini, para
ulama terbagi menjadi dua perkataan.
a. Mengunggulkankan
hadits pelarangan daripada pembolehan sebagai langkah hati-hati sebagaimana
pengamalan terhadap sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
:
دَعْ ما يريبُكَ إلى ما لاَ يرِيبُكَ
“Tinggalkan apa-apa
yang meragukanmu kepada apa-apa yang tidak meragukanmu” [Diriwayatkan oleh
An-Nasa’iy 8/327, At-Tirmidzi no. 2518, Ahmad 1/200, Ibnu Hibbaan no. 722, dan
Al-Haakim 2/13; shahih].
Selain itu,
hadits-hadits pelarangan datang melalui ucapan beliau, sedangkan hadits-hadts
pembolehan datang melalui perbuatan beliau. Dalam hal ini, perkataan lebih
didahulukan daripada perbuatan, karena ada kemungkinan bahwa perbuatan beliau
minum sambil berdiri merupakan kekhususan bagi beliau shallallaahu ‘alaihi wa
sallam saja, bukan untuk yang lainnya.
b. Mengunggulkan
hadits pembolehan daripada pelarangan karena dianggap lebih kuat, lebih shahih,
dan lebih banyak jumlahnya. Abu Bakr Al-Atsram[2] dalam salah satu perkataannya
mengungkapkan pendapat ini. Ini juga salah satu pendapat Ahmad bin Hanbal dan
yang masyhur dalam madzhabnya[3], serta jumhur
Malikiyyah[4].
Pembolehan minum
sambil berdiri secara mutlak merupakan pendapat jumhur tabi’in seperti : Sa’iid
bin Jubair[5], Thaawus[6], Zaadzaan Abu ‘Umar Al-Kindiy[7], dan Ibrahim bin
Yaziid An-Nakha’iy[8].
2.
Nasakh.
Dalam hal ini, para
ulama terbagi menjadi dua perkataan :
a. Hadits-hadits
larangan telah mansukh oleh hadits-hadits pembolehan, dengan bukti yang
dilakukan oleh Khulafaaur-Raasyidiin, sebagian besar shahabat, dan tabi’in yang
membolehkannya. Pendapat ini dinyatakan oleh Al-Atsram[9] dan Ibnu Syaahin[10].
Al-Qurthubi[11] juga menguatkan pendapat ini dan menisbatkannya kepada jumhur
shahabat dan ulama setelahnya.
b. Hadits-hadits
pembolehan telah mansukh oleh hadits-hadits pelarangan, dengan dasar bahwa
pembolehan adalah hukum asal, sedangkan pelarangan adalah hukum yang datang
kemudian sebagai satu ketetapan syar’iy. Pendapat ini dipegang oleh Ibnu
Hazm[12].
3. Al-Jam’u
wat-Taufiiq (Kompromi).
Pada metode ini, ada
banyak perkataan dan penafsiran dari para ulama. Akan disebutkan beberapa
diantaranya yang utama :
Ada yang mengatakan
bahwa bolehnya minum sambil berdiri hanya jika ada hajat/keperluan; selain dari
itu, maka dibenci. Ini merupakan pendapat Ibnu Taimiyyah[13] dan
Ibnul-Qayyim[14] rahimahumallah. Ibnu ‘Utsaimin termasuk yang bersepakat dengan
mereka berdua.[15] Ibnu Taimiyyah berkata :
وأما الشرب قائما : فقد جاء أحاديث صحيحة بالنهي، وأحاديث صحيحة
بالرخصة، ولهذا تنازع العلماء فيه، وذُكِرَ فيه روايتان عن أحمد. ولكن الجمع بين
الأحاديث : أن تحمل الرخصة على حال العذر...
“Adapun minum sambil
berdiri, telah ada hadits-hadits shahih yang melarangnya dan hadits-hadits
shahih yang memberikan rukhshah (kebolehan). Oleh karena itu, para ulama berbeda
pendapat di dalamnya. Disebutkan padanya ada dua riwayat yang ternukil dari
Ahmad mengenai permasalahan ini. Namun metode pengkompromian diantara
hadits-hadits ini adalah : Membawa hadits-hadits yang membolehkan jika ada
udzur…” [selesai].
Ada yang memahami
bahwa pelarangan minum sambil berdiri bukanlah pelarangan yang bermakna tahriim
(pengharaman). Pelarangan tersebut bukan pelarangan yang bersifat syar’iy, namun
dengan pelarangan atas pertimbangan kedokteran (thibbiy) yang akan menimbulkan
bahaya/mudlarat. Disebutkan oleh Ibnul-‘Arabiy dalam ‘Aaridlatul-Ahwadziy 8/73.
Ath-Thahawiy juga menyebutkan hal semakna dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/274
& 276 dan Syarh Musykilil-Aatsaar 5/347.
Ada yang mengatakan
bahwa pembolehan minum sambil berdiri ini khusus ketika minum air zamzam dan
kelebihan/sisa air wudlu. Ini merupakan pendapat ‘Ali Al-Qaariy[16] dan sebagian
ulama Hanafiyyah lainnya[17].
Ada yang mengatakan
bahwa kebolehan minum sambil berdiri ini adalah jika lupa saja sebagaimana
dikatakan oleh Abul-Faraj Ats-Tsaqafiy[18].
Ada pula yang
berpendapat bahwa perkataan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengenai
pelarangan itu hanyalah makruh tanziih saja, sedangkan perbuatan beliau (yang
minum sambil berdiri) menjelaskan tentang kebolehannya. Hadits-hadits pelarangan
dibawa kepada makna disukainya minum sambil duduk, serta dorongan kepada
amal-amal yang lebih utama lagi sempurna. Pendapat ini adalah pendapat jumhur
ulama, diantaranya adalah : Al-‘Ainiy[19] dari kalangan Hanafiyyah,
Al-Maaziriy[20] dari kalangan Maalikiyyah, dan Ibnu Jariir Ath-Thabariy[21].
Jumhur ulama Syafi’iyyah[22] juga menyepakati pendapat ini, diantaranya adalah :
Al-Khaththaabiy[23], Al-Baghawiy[24], An-Nawawiy[25], dan Ibnu Hajar
Al-‘Asqalaniy[26].
Mana yang terpilih
dan terkuat dari pendapat-pendapat tersebut ?
Tidak ragu lagi
bahwasannya pendapat yang terpilih dan paling kuat adalah pendapat jumhur ulama
yang menempuh metode al-jam’u wat-tafiiq (kompromi) dengan menggunakan semua
dalil (tanpa meninggalkan salah satu di antaranya), dimana mereka mengatakan :
Pelarangan minum sambil berdiri hanya bermakna makruh tanziih saja. An-Nawawi
telah memberikan penjelasan yang sangat baik :
لَيْسَ فِي هَذِهِ الأَحَادِيث بِحَمْدِ اللَّه تَعَالَى
إِشْكَال , وَلا فِيهَا ضَعْف , بَلْ كُلّهَا صَحِيحَة , وَالصَّوَاب فِيهَا أَنَّ
النَّهْي فِيهَا مَحْمُول عَلَى كَرَاهَة التَّنْزِيه . وَأَمَّا شُرْبه صَلَّى
اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِمًا فَبَيَان لِلْجَوَازِ , فَلا إِشْكَال وَلا
تَعَارُض , وَهَذَا الَّذِي ذَكَرْنَاهُ يَتَعَيَّن الْمَصِير إِلَيْهِ
.
فَإِنْ قِيلَ : كَيْف يَكُون الشُّرْب قَائِمًا مَكْرُوهًا
وَقَدْ فَعَلَهُ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؟
فَالْجَوَاب : أَنَّ فِعْله صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا كَانَ بَيَانًا لِلْجَوَازِ لا يَكُون مَكْرُوهًا , بَلْ الْبَيَان وَاجِب
عَلَيْهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , فَكَيْف يَكُون مَكْرُوهًا وَقَدْ
ثَبَتَ عَنْهُ أَنَّهُ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ مَرَّة مَرَّة
وَطَافَ عَلَى بَعِير مَعَ أَنَّ الإِجْمَاع عَلَى أَنَّ الْوُضُوء ثَلاثًا
وَالطَّوَاف مَاشِيًا أَكْمَل , وَنَظَائِر هَذَا غَيْر مُنْحَصِرَة , فَكَانَ
صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنَبِّه عَلَى جَوَاز الشَّيْء مَرَّة أَوْ
مَرَّات , وَيُوَاظِب عَلَى الأَفْضَل مِنْهُ, وَهَكَذَا كَانَ أَكْثَر وُضُوئِهِ
صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاث ثَلاثًا , وَأَكْثَر طَوَافه مَاشِيًا ,
وَأَكْثَر شُرْبه جَالِسًا ، وَهَذَا وَاضِح لا يَتَشَكَّك فِيهِ مَنْ لَهُ أَدْنَى
نِسْبَة إِلَى عِلْم . وَاللَّهُ أَعْلَم"
“Tidak ada
kontradiksi dalam hadits-hadits ini, segala puji bagi Allah ta’ala. Tidak ada
pula kelemahan padanya, bahkan semua hadits-hadits tersebut adalah shahih. Dan
yang benar di dalamnya adalah : Larangan dalam hadits tersebut dibawa kepada
hukum makruh tanziih. Adapun minumnya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam
dalam keadaan berdiri merupakan penjelasan bolehnya perbuatan tersebut
dilakukan. Tidak ada kesulitan dalam memahaminya dan tidak pula ada
pertentangan. Inilah yang perlu dikatakan dalam persoalan
ini.
Apabila dikatakan :
“Bagaimana minum sambil berdiri bisa dikatakan makruh dengan kenyataan bahwa
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukannya ?”.
Jawabannya adalah :
Perbuatan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang
kebolehannya, bukan kemakruhannya. Bahkan menjelaskan tentang segala hal
tersebut adalah wajib bagi beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lantas
bagaimana bisa dikatakan makruh ? Telah shahih dari beliau bahwa beliau pernah
wudlu sekali-sekali (dalam basuhan anggota badan) dan thawaf di atas onta yang
bersamaan itu para ulama telah bersepakat bahwa wudlu tiga kali-tiga kali (dalam
basuhan) dan thawaf dengan berjalan kaki lebih sempurna (lebih baik). Ada banyak
contoh serupa dalam hal ini. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah
menunjukkan kebolehan membasuh sekali atau berkali-kali, namun di sisi lain
beliau tetap mengerjakan yang utama. Dan memang seperti itulah kebiasaan (= yang
sering dilakukan) Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika wudlu dengan
membasuh sebanyak tiga kali-tiga kali, berjalan kaki ketika thawaf, dan duduk
ketika minum. Perkara ini sangat jelas tanpa ada permasalahan meskipun bagi
orang yang rendah nisbatnya kepada ilmu. Wallaahu a’lam [Syarh Shahih Muslim,
13/195].
Tidak bisa dikatakan
bahwa pembolehan minum sambil berdiri itu hanya dikhususkan bagi Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Ini terjawab oleh perkataan Ibnu ‘Umar
radliyallaahu ‘anhuma :
كنا نأكل على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم ونحن نمشي ونشرب
ونحن قيام
“Kami pernah makan
sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam” [telah berlalu takhrij-nya].
Walaupun teks
redaksinya adalah mauquf, namun ia dihukumi marfu’ (sampai kepada Nabi
shallallaahu ‘alaihi wa sallam). Para shahabat melakukannya ketika beliau
shallallaahu ‘alaihi wa sallam masih hidup. Dan itu senantiasa mereka lakukan
setelah beliau wafat.
Hadits ini juga
menjawab sebagian besar pendapat-pendapat yang keliru di
atas.
Adapun anggapan bahwa
kebolehan minum sambil berdiri ini jika hanya ada hajat, maka itu terjawab oleh
hadits ‘Aliy bin Abi Thaalib dimana ia mengingkari ketidaksukaan sebagian orang
minum sambil berdiri. Banyak nukilan shahabat dan tabi’in dimana mereka minum
sambil berdiri tanpa ada hajat. Oleh karena itu, kebolehan ini adalah bersifat
umum (dalam segala keadaan).
Metode tarjih dan
klaim adanya nasakh juga harus ditinggalkan selama metode kompromi bisa
dilakukan.
Al-Lajnah Ad-Daaimah
memberikan fatwa sebagai berikut :
الأصل أن يشرب الإنسان قاعداً ، وهو الأفضل ، وله أن يشرب
قائماً ، وقد فعل النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الأمرين للدلالة على أن
الأمر في ذلك واسع
“Pada asalnya,
seseorang hendaknya duduk jika ia minum. Perbuatan ini afdlal (lebih utama).
Namun, boleh juga jika ia minum sambil berdiri. Sungguh, Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah melakukan dua perkara tersebut untuk menunjukkan bahwa
kesemua perkara itu luas (boleh dilakukan kedua-duanya)” [Fataawa Al-Lajnah
Ad-Daaimah, 22/133].
Asy-Syaikh Ibnu Baaz
rahimahullah berkata :
الأحاديث الواردة في هذا صحيحة جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم
النهي عن الشرب قائما والأكل مثل ذلك، وجاء عنه صلى الله عليه وسلم أنه شرب قائما،
فالأمر في هذا واسع وكلها صحيحة والحمد لله، فالنهي عن ذلك للكراهة، فإذا احتاج
الإنسان إلى الأكل واقفا أو إلى الشرب واقفا فلا حرج، وقد ثبت عن النبي صلى الله
عليه وسلم أنه شرب قاعدا وقائما، فإذا احتاج الإنسان إلى ذلك فلا حرج أن يأكل قائما
وأن يشرب قائما، وإن جلس فهو أفضل وأحسن.....
“Hadits-hadits
tersebut adalah shahih dimana telah ada riwayat dari Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam tentang larangan minum dan makan sambil berdiri. Selain itu, terdapat
pula riwayat dari beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau minum
sambil berdiri. Oleh karena itu, perkara dalam hal ini adalah luas yang
kesemuanya adalah benar, Alhamdulillah. Pelarangan atas hal tersebut bermakna
makruh (bukan haram). Apabila seseorang ingin makan atau minum sambil berdiri,
maka tidak ada celaan. Sungguh telah shahih dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam bahwa beliau minum sambil duduk ataupun berdiri. Oleh karena itu, apabila
ada seseorang yang ingin melakukan hal itu, maka tidak ada celaan untuk makan
atau minum sambil berdiri. Namun jika ia duduk, maka lebih utama (afdlal) dan
lebih baik (ahsan)……” [Majmu’ Fataawaa wa Maqaalaat Ibni Baaz,
25/276].
Wallaahu
a’lam.
Semoga ada
manfaatnya.
[Abu Al-Jauzaa’ –
menjelang sahur di satu malam bulan Ramadlan 1430 H].
[1] Mengenai
perbuatan ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu, Ibnu Hajar juga
mengatakan dalam kitabnya :
وثبت الشرب قائما عن عمر، أخرجه الطبري
“Telah tetap riwayat
mengenai minum sambil berdiri dari ‘Umar yang diriwayatkan oleh Ath-Thabariy”
[Fathul-Baariy, 10/84].
[2] Lihat
Naasikhul-Hadiits wa Mansuukhihi, hal 228-230.
[3] Lihat
Al-Aadaabusy-Syar’iyyah 3/174 dan Al-Furuu’ 5/302 – keduanya - oleh Ibnu Muflih,
Al-Inshaaf oleh Al-Mardawiy 8/330, Kasysyaaful-Qinaa’ min Matnil-Iqnaa’ 5/177
dan Syarhul-Muntahaa 3/38 – keduanya – oleh Manshuur Al-Bahutiy, serta
Ghidzaa’ul-Albaab oleh Muhammad As-Safaariiniy 2/141.
[4] Lihat Al-Muntaqaa
Syarh Al-Muwaththa’ oleh Al-Baajiy 7/237, ‘Aaridlatul-Ahwadziy 8/72-73, Syarh
Al-Bukhariy oleh Ibnu Baththaal 6/72, Al-Mufhim oleh Al-Qurthubiy 5/285-286,
Haasyiyyah Al-‘Adawiy 2/609, Fawaakihud-Dawaaniy oleh Ahmad bin Ghaniim
An-Nafraawiy 2/319.
[5] Sebagaimana dalam
Mushannaf Ibni Abi Syaibah no. 24474 & 24478.
[6] Idem, no.
24474.
[7] Idem, no.
24471.
[8] Idem, no. 24469
& 24484 dan Syarh Ma’aanil-Aatsaar oleh Ath-Thahawiy 4/274 &
276.
[9] Lihat
Naasikhul-Hadiits wa Mansuukhihi, hal 230.
[10] Idem, hal.
433-434.
[11] Lihat Al-Mufhim
5/285.
[12] Lihat
Al-Muhallaa 7/519-520, Hajjatul-Wadaa’ hal. 320, dan Ihkaamul-Ahkaam
2/167.
[13] Al-Fataawaa
32/209-210 & 211.
[14] Zaadul-Ma’aad
1/149, 2/278, 4/228 dan Tahdziibus-Sunan 5/281-282.
[15] Syarh
Riyaaldush-Shaalihiin - باب كراهة الشرب من فم القربة
ونحوها وبيان أنه كراهة تنزيه لا تحريم - http://www.islamspirit.com.
[16]
Mirqaatul-Mafaatih 8/165-166.
[17] Lihat
Al-Fataawaa Al-Hindiyyah 1/8 & 5/341, Haasyiyyah Ibni ‘Aabidiin 1/129-130,
Tabyiinul-Haqaaiq 1/7, Al-Bahrur-Raaiq 1/30, Ad-Durrul-Mukhtaar 1/129,
Bada’iush-Shanaai’ 1/23, Haasyiyyah Ath-Thahthaawiy ‘alaa Maraaqil-Falaah 1/51,
Syarh Fathil-Qadiir 1/36, Nuurul-Iidlaah 1/19, dan Majma’ul-Anhar
1/30.
[18] Sebagaimana
dalam Fathul-Baariy 10/84. Dinukil pula oleh Al-‘Ainiy dalam ‘Umdatul-Qaariy
21/193 dari Ibnut-Tiin dan semisalnya.
[19] ‘Umdatul-Qaariy
21/193.
[20] Al-Mu’lim
3/68.
[21] Sebagaimana
dalam Syarh Shahiih Al-Bukhariy oleh Ibnu Baththaal 6/72.
[22] Lihat
Al-Bahjatul-Wardiyyah dan penjelasanya : Al-Ghararul-Bahiyyah oleh Zakariyya
Al-Anshariy 4/214, Tuhfatul-Muhtaj oleh Ibnu Hajar Al-Haitamiy 7/438,
Raudlatuth-Thaalib dan penjelasannya : Asnal-Mathaalib oleh As-Suyuthiy 3/228,
Mughnil-Muhtaj oleh Al-Khathiib Muhammad Asy-Syarbiniy 4/412, dan Haasyiyyah
Al-Jamal oleh Sulaiman bin Manshuur Al-Jamal 1/36 &
4/278.
[23] Ma’aalimus-Sunan
5/281-282.
[24] Syarhus-Sunnah
11/381.
[25] Syarh Shahih
Muslim 13/195.
[26] Fathul-Baariy
10/84.
di
08:32